Temen Baruku, Kenalan Yuk dengan Visual Studio Code !

Mengenal Visual Studio Code

Tulisanaliansera.com – Hallo sahabat aliansera, beberapa waktu ini emang aku lagi suka koding. Karena emang juga lagi bantu temen dikantor buat menyelesaikan proyeknya. Nah, dikantor ku itu ada sebuah PC yang dikhususkan buat aku mengerjakan tugas kantor maklumlah memang tugas dikantor sebagai tenaga multimedia dituntut untuk selalu didepan pc.

Kembali lagi ke topik awal tadi terkait koding, dari awal kuliah emang suka sih dengan yang namanya pemograman. Ya walaupun ngak ada expert di satu bidang bahasa pemograman, tapi tak membuat aku patah semangat untuk terus mempelajari bahasa pemograman.

Agenda beberapa minggu belakangan emang lagi nyiapin aplikasi pencarian arsip dan juga logbook monitong pekerjaan secara online. Lebih parahnya lagi beberapa minggu belakangan ini dikantor juga lagi sibuknya dengan berbagai kegiatan. Jadi aku harus memaksimalkan dijam renggang untuk membantu membuat dua aplikasi tadi.

Berhubung pc ku lemot banget, jadi aku coba mencaari alternatif pengganti dari dreamweaver sebagai editor bahasa pemograman lamaku. Nah setelah searching di mbah google aku nemuin sebuah editor yang katanya cukup bagus dan juga ngak terlalu banyak makan memori. Pilihan itu jadi ke “Visual Studio Code“. Memang setelah aku searching di google editor ini termasuk baru dikalangannya, karena emang dlu aku ngak pernah denger yang namanya vscode ini. Taunya sih cuman notepad ++ aja.

Setelah aku tanya dengan google aku menemukan bahwa Visual Studio Code itu adalah buatan Microsoft hanya saja biasanya kita tau bahwa kalau produk microsoft itu selalu berlaku 30 hari, tapi tidak dengan aplikasi ini. Setelah aku coba emang sedikit ringan dari dreamweaver. dan juga tampilan UInya juga simple

Baca Juga :  Menjadi Programer itu tidak sulit, berikut langkah awalnya

APA SIH KECANGGIHANNYA ? EAK

Dilangsir dari dicoding.com ada beberapa fitur yang cukup menarik dari aplikasi ini yaitu :

  1. Cross platform – tersedia di macOS, Linux dan Windows artinya Anda dapat bekerja pada sistem operasi manapun tanpa khawatir belajar coding tools yang sama untuk sistem yang berbeda-beda.
  2. Lightweight – tak perlu menunggu lama untuk memulai. Anda mengontrol sepenuhnya bahasa, tema, debugger, commands dan lain-lainnya sesuai keinginan. Ini dapat dilakukan melalui extentions untuk bahasa populer seperti python, node.js, java dan lain-lainnya di Visual Studio Code Marketplace.
  3. Powerful editor – memfungsikan fitur untuk source code editing yang sangat produktif, seperti membuat code snippets, IntelliSense, auto correct, dan formatting.
  4. Code Debugging – salah satu fitur terkeren yang ditawarkan Visual Studio Code adalah membantu Anda melakukan debug pada kode dengan cara mengawasi kode, variabel, call stack dan expression yang mana saja.
  5. Source control – Visual Studio Code memiliki integrated source control termasuk Git support in-the-box dan penyedia source code control lainnya di pasaran. Ini meningkatkan siklus rilis proyek Anda secara signifikan.
  6. Integrated terminal – Tiada lagi multiple windows dan alt-tabs. Anda dapat melakukan command-line task sekejap dan membuat banyak terminal di dalam editor.

Ada banyak lagi fitur lainnya di Visual Studio code. Nah bagi kamu yang ingin mempelajari aplikasi ini kamu bisa mendownloadnya di halaman situs resminya yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !