Penggunaan Schema Markup Pada Website

Penggunaan Schema Markup Pada Website

Tulisanaliansera.com – Setelah website dibuat, ada beberapa hal yang mesti kita lakukan kembali agar website bisa terindex dengan baik oleh google. Banyak sekali faktor bagaimana website/blog kamu bisa terindex oleh bot mesin pencari google. Faktor yang tak kalah penting yang mempengaruhi website kamu bisa ditemui oleh mesin pencarian dan bot mesin mencarian dalam menilai website kamu adalah schema markup.

Dari segi pengertian, dikutip dari blog informatikalogi, Schema Markup adalah “suatu bentuk microdata yang digunakan untuk menanamkan metadata HTML terstruktur (“data tentang data”) dengan konten halaman web yang ada untuk memberikan informasi tambahan serta pengalaman browsing yang lebih kaya bagi pengguna atau dapat kita kenal dengan istilah Rich Snippets“.

Dalam pengimplementasikan Schema markup memang sering diletakkan pada halaman utama website agar halaman tersebut bisa dengan mudah ditemukan oleh google, untuk penggunaan pada wp sendiri anda diharuskan menginstal schema pada plugin website.

Tiga Sisi Keuntungan Utama Penggunaan Schema Markup

Dalam pengimplementasiannya, schema markup selain sebagai identifikasi struktur data pada website ada 3 hal lain yang bisa dijadikan keuntungan jika dipandang dari 3 sisi berbeda penggunaan website, yaitu sebagai berikut :

  • Search engine, yang harus terus menerus meningkatkan pengalaman pengguna untuk menjaga / meningkatkan pangsa pasar pencarian mereka,
  • Pengguna/user, yang menerima hasil pencarian yang lebih baik, dan
  • Pemilik website, yang memanfaatkan Schema Markup sebagai senjata mutakhir SEO.

Umumnya, mungkin kita sering menggunakan fokus keyword dan mengoptimalkan meta description serta membuat heading taq untuk pengoptimalan website. Meski data-data diatas sudah ditambahkan dengan baik, terkadang kunjungan pada website kita masih saja kurang. Terutama jika kita menggunakan keyword yang tidak pas yang berakibat artikel yang kita buat kurang terindex.

Baca Juga :  Melancong Coy, Website Travelling

Hal ini berbeda jika anda mulai mempelajari penggunaan schema markup, situs anda/ postingan anda akan memiliki rangking halaman dan akan lebih ada peningkatan yang akurat di mesin pencari.

Kesimpulan

“Secara umum, semakin banyak markup yang ada, seperti skema, video atau apa pun, semakin mudah search engine menafsirkan apa yang benar-benar penting pada sebuah halaman,” kata Matt Cutts, kepala tim spam web Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !