Menjadi Programer itu tidak sulit, berikut langkah awalnya

Menjadi Programer itu tidak sulit, berikut langkah awalnya

Tulisanaliansera.com – Programer adalah seseorang yang mampu menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemograman. Mereka mempunyai berbagai kemampuan dibidang pemograman mulai dari menganalisa masalah, memetakan masalah, menggambarkan masalah, mencari solusi terhadap masalah, menentukan algoritma yang cocok serta membuat program.

Menjadi programer itu seperti memilih suatu profesi seperti dokter, pengacara, ataupun konsultan. Bedanya di dalam dunia programer yang dititik beratkan adalah penyelesaian masalah untuk dibuatkan sebuah aplikasi / program yang nantinya akan mempermudah penyelesaian masalah tersebut.

LANGKAH AWAL MENJADI PROGRAMER

Mungkin banyak teori terhadap judul ini, tapi kamu bisa memilih yang mana kira cocok untuk kamu aplikasikan. Berikut adalah langkah yang bisa kamu aplikasikan :Tentukan apa yang ingin kamu buat

Tentukan apa yang ingin kamu buat atau selesaikan !

Mempelajari bahasa pemograman identik dengan menyelesaikan suatu masalah, jadi kamu harus tau masalah apa yang ingin kamu selesaikan. Seperti memilih profesi pada dunia kedokteran kamu harus memilih apakah kamu ingin menyelesaikan hal terkait kulit, organ dalam, ataukah yang lainnya.

Tentukan bahasa yang kira kamu cocok dan kamu sukai !

Ada banyak sekali bahasa pemograman di dunia ini. ada puluhan bahasa pemograman yang ada di dunia ini seperti java, bahasa C, PHP, Visual Basic, Python, C++, Javascript, C#, Objective C, ActionScript, HTML/CSS, Ruby, HTML, XML, Pascal dan masih banyak lagi. Kamu harus memilih bahasa yang kamu kira cocok untuk dirimu dan kamu sukai. Kamu bisa mempelajari berbagai bahasa dengan mencari informasinya di internet. Setelah mengetahuinya kamu bisa melihat bahasa apa yang kamu kira cocok untuk menyelesaikan masalah yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Tentukan Aplikasi yang akan kamu gunakan !

Setelah menentukan masalah serta bahasa yang akan kamu gunakan, kamu selanjutnya harus memilih aplikasi / software pendukung untuk mempemudah kamu mengaplikasikan bahasa pemograman yang akan kamu buat. Seperti halnya aplikasi menulis seperti notepad, word, atau wordpad. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar menuliskan bahasa pemograman. Kamu bisa mencari informasi aplikasi yang cocok sesuai dengan bahasa pemograman yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Baca Juga :  Temen Baruku, Kenalan Yuk dengan Visual Studio Code !

Diatas merupakan tahap awal menjadi programer, ada beberapa langkah lagi untuk menjadi programer. Langkah selanjutnya merupakan langkah pengembangan dari 3 hal utama diatas. Kamu bisa belajar lebih giat untuk mendapatkan informasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !