Mempersiapkan Puasa, dalam Pandangan Teknologi Kekinian




Tulisanaliansera.com – Bulan ramadhan akan segera datang, hanya tinggal hitungan hari saja. Berbagai keistimewaan akan kita rasakan karena bulan ini karena Allah menurunkan berbagai keistimewaan dalam hal beribadah kepadaNya, selain itu amal ibadah kita juga bakalan dilipat gandakan olehnya.

Sebelum kedatangannya, kita sebagai seorang muslim wajib mempersiapkan segala hal karena kedatangan bulan ini tidaklah setiap bulan melainkan hanya setahun sekali, bekal kita seperti materi, makanan, pakaian, fisik dan lainnya harus dipersiapkan. Selain itu kita juga harus sering melakukan latihan-latihan untuk menyambut kedatangannya.

Teknologi sekarang ini sudah sangat berkembang, dengan kemudahan ini umat islam seharusnya bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan cara beribadah kepada Allah SWT. Berikut aliansera bakalan mengulas teknologi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membantu dan mempersiapkan / menjalankan ibadah puasa nantinya.

1. Aplikasi Tuntunan Ibadah

Solat merupakan tiang agama islam seperti hadis yang sering kita dengar ;

الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ ، مَنْ أقَامَها فَقدْ أقَامَ الدِّينَ ، وَمنْ هَدمَها فَقَد هَدَمَ الدِّينَ
Sholat Adalah Tiang Agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya”.

Mempersiapkan ibadah dibulan ramadhan

Jadi bagi kita yang lupa bagaimana tata cara solat, seperti solat tarawih, niat sahur, niat berbuka dan solat sunnah lainnya. Mungkin kamu bisa mendownload aplikasi  Tuntunan Sholat Lengkap Dzikir dan Doa Terbaru di Playstore atau di app store. Selain membuat gadget/ponselmu lebih bermanfaat, kamu juga pastinya akan mendapatkan ilmu yang lebih lagi. Jadi manfaatkan waktu sebelum kamu bertemu dengan bulan yang mulia nantinya.

2. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an

Membaca al-quran banyak sekali manfaatnya selain manfaat dari membacanya, kamu juga bakalan lebih tenang. Dibulan ramadhan juga kamu seharusnya memperbanyak membaca al-quran dan membuat target jumlah khataman yang bakalan jadi agenda harian kamu.

Dikutip melalui website dalamislam, Abu Bakar Al-Balkhi berkata: “Bulan Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman dan bulan Ramadan adalah bulan memanen tanamanPerumpamaan bulan Rajab bagaikan angin, sedangkan perumpamaan Sya’ban bagaikan mendung dan perumpamaan Ramadan bagaikan hujan. Barangsiapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiram pada bulan Sya’ban, bagaimana dia akan memanen di bulan Ramadan.”

Mempersiapkan ibadah dibulan ramadhan

Dengan adanya teknologi, Al-Qur’an sudah bisa kamu baca dengan menggunakan ponsel/gadgetmu selain itu kamu bisa memaksimalkan ibadahmu dibulan ramadhan nantinya. Kalau kita mencari di google playstore maka kamu bakalan menemukan berbagai jenis aplikasi Al-Quran, kalau aku sendiri biasa menginstal

Aplikasi Al Quran Indonesia yang dibuat oleh Andi Unpam karena semua fitur gratis dengan terjemahan bahasa indonesia dan memiliki mp3 audio murottal full 114 ayat atau 30 jus tanpa pembatasan. Dapat juga dibaca secara offline serta tampilan antar muka cocok buatku.




Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini dikutip dihalaman resminya adalah sebagai berikut :

– Design yang menarik, menggeser layar untuk berpindah surah atau juz.
– Baca Al Quran bisa dengan mode layar lanscape atau portrait.
– Tersedia tema terang dan gelap.
– Surah Index (daftar Surah).
– Juz Index (daftar Juz).
– Rasm / penulisan (IndoPak dan Utsmani style).
– Tulisan latin (Transliterasi).
– Terjemahan Bahasa Indonesia, pilihan terjemahan (KemenAg-RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia).
– Salin (copy) ayat-ayat Al Quran.
– Bagikan (share) ayat-ayat Al Quran.
– Bookmark ayat-ayat Al Quran.
– Penanda bacaan terkahir.

– Backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke Cloud.
– Melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia.
– Audio mp3 murottal 30 Juz (Pilihan qori ada 8, diantaranya: Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Husary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al-Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril dan Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais).
– Audio control murottal (play, pause, stop, next, prev, repeat).
– Audio manager murottal (untuk mendownload atau menghapus file audio murottal sekaligus banyak).
– Pencarian ayat-ayat berdasarkan kata kunci di terjemahan.
– Jadwal sholat atau waktu sholat dan imsakiyah termasuk alarm adzan.
– Kalendar jadwal sholat dan imsakiyah untuk 30 hari ke depan.
– Arah kiblat.
– Kalender hijriah.
– Seluruh fitur bisa berjalan offline (Al Quran offline).
* Dan fitur-fitur berikutnya yang sedang dalam pengembangan.

3.  Memperbanyak sedekah

Sedekah merupakan hal yang bisa kita lakukan dan diperbanyak dibulan ramadhan. Selain membantu orang yang membutuhkan, sedekah juga bakalan memperbanyak pahala kita disisi Allah SWT.

Banyak sekali keutamaan sedekah, Sebagaiman Firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surah saba’ ayat 39:

Artinya: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39).

Mempersiapkan ibadah dibulan ramadhan

Bagi kamu yang ingin melakukan sedekah, kamu bisa langsung memberikan kepada yang membutuhkan, melalui infak di mesjid, dan juga kamu bisa melakukannya secara online. Dengan kemudahan teknologi hal itu harus kita manfaatkan. Kamu bisa mengakses website Daarul Quran atau Dompetdhuafa.

Selain melalui websitenya, kamu juga bisa mensedekahkan sebagian hartamu melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh penerima sedekah.  Mengutif dari halaman website go muslim, mereka menyampaikan ada 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk sedekah seperti Bazir Jakarta, Rumah Zakat, Fastabika Weshare, Kapiler, Paytren.

Masih banyak lagi teknologi khususnya dibidang aplikasi untuk mempermudah kamu dalam menjalankan ibadah, seperti alarm yang kamu gunakan untuk membangun tidurmu, whatsapp untuk kamu gunakan dalam berbagi informasi tausiyah, kamera/gallery kamu gunakan untuk berbagi foto yang bermanfaat, musik kamu gunakan untuk mendengarkan pengajian/ceramah dan murottal Al-Quran. Selain itu kamu juga harus lebih selektif dalam memilih aplikasi, sehingga ibadah dibulan ramadhan juga lebih maksimal.

Saya (aliansera) mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1439 H tahun 2018 M, semoga ibadah kita lebih maksimal dari tahun-tahun sebelumnya.




Baca Juga :  MULAI MENULIS DI BLOG UNTUK MENGHASILKAN UANG DARI HOBI

22 Comments

  1. dunia makin canggih…. tapi bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti menggunakan berbagai fitur untuk mendukung ibadah. Masya Allah keren nya tuh disini

  2. Alhamdulillah, terbantu banget dengan banyaknya aplikasi yang memudahkan ibadah. Mulai Alquran online yang bisa jadi media anak menambah hafalan sampai murojaah, jadwal sholat dan aplikasi lain. Meskipun kita harus tetap belajar dan baca pakai mushaf langsung minimal kita lebih mudah mengaksesnya di mana pun dan kapan pun asal ada internet. Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan hidup.

  3. Waaah.
    Mantap.
    Sekarang aplikasi keren ini sudah menjadi hal wajib yg mesti ada di smart phone yaa.
    Makasi ulasannya bang.
    Reminder kembali amalan di bulan puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !