Kegagalan dalam Usaha, Ada Kemungkinankah Buat Bangkit Kembali ?

Aliansera mengamali kegagalan usaha

Tulisanaliansera.com – Kegagalan mungkin bukan sebuah momok yang sangat menakutkan, layaknya sebuah film horor. Tapi kegagalan membuat seseorang terkadang berpikir dan merenungi apakah mereka layak untuk memulai kembali. Dalam beberapa kisah yang saya baca di buku maupun pencarian di google. Banyak saya temui kegagalan yang dialami oleh para pendiri usaha. Seperti Bill Gates yang awal mendiri usaha sudah mengalami kegagalan, Arianna Huffington yang ditolak hingga 36 penerbit, Steve Jobs pernah dipecat dari perusahaannya sendiri, Colonel Sanders baru bisa mencapai kesuksesannya sudah tidak muda lagi, Milton Hershey yang mengalami 3 kali membangun usaha dan 3 kali gagal dalam usaha, Walt Disney yang pernah dipecat dan dibilang tidak kreatif, Soichiro Honda yang sampai menggadaikan cincin istrinya untuk membuka usaha.

Di Indonesia saja, banyak pengusaha yang sekarang sukses mendapati bahwa masa lalunya adalah sebuah masa lalu yang menjadi kenangan serta pembelajaran untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan mereka. Banyak dari mereka sekarang menjadi motivator hebat sehingga bisa memotivasi para pemuda yang gagal atau belum memulai untuk segera mengambil langkah awal.




USAHA PERCETAKAN

Awal perjalanan usaha saya dimulai dari membuka usaha percetakan, walaupun bukan percetakan besar hanya mencetak dokumen teman-teman kuliah. Tapi ini merupakan prestasi yang cukup baik menurutku, toh tak ada salahnya memulai dari hal kecil. Awal permulaan saya pada 7 November 2011 yah walaupun usaha ini tidak berlangsung lama. Tapi saya sudah merasakan bagaimana membuka usaha cetak mencetak.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Selanjutnya, setelah mencoba membuka usaha cetak-mencetak dan gagal, perjuangan saya berlanjut ke usaha budidaya jamur tiram. Dalam rencana usaha ini kami ingin menjadikan batam sebagai supply jamur terbesar di Riau. Selain itu konsumen juga dalam keliling didalam kebun jamur serta menjadikan jamur tiram sebagai lokasi rekreasi baru di batam. Dalam perjalanan membentuk usaha ini, kami sudah sempat untuk survei dan mengetahui tata cara untuk budidaya jamur, hanya saja tetap gagal dalam usaha ini.

USAHA KERIPIK KEMASAN

Setelah gagal dalam usaha budidaya jamur, saya berpindah ke usaha keripik dalam kemasan. Dalam usaha ini saya dan kawan saya memang tidak menghandle produksi tapi hanya bidang pemasaran, dalam arti kata sih sebagai distributor produk dengan mendaur/mengubah ulang kemasan. Target penjualan produk ini adalah kepada mahasiswa, harga yang ditawarkan juga tidaklah terlalu mahal (cocok untuk mahasiswa). Tapi usaha ini tidak berlangsung lama.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

USAHA TECHNOPRENEUR

Setelah gagal dalam usaha keripik dalam kemasan, saya mencoba usaha technopreneur bersama teman kuliah saya. Karena memang saya juga ikut dalam PKM-GT (Program Kreativitas Mahasiswa – Gagasan Tertulis), sehingga saya juga berusaha untuk membuka usaha dibidang ini. Kami sekelompok membuka usaha snack card berbasis rfid, dimana produk yang kami tawarkan bisa mengontrol jajanan anak disekolah dengan model kartu. Mungkin zaman sekarang ini sudah diterapkan.




Aliansera mengamali kegagalan usaha

BISNIS TRAVEL (TIKET PESAWAT DAN KEAGENAN)

Setelah gagal di usaha technopreneur, saya merambah ke usaha travel agen. Usaha ini alhamdulillah cukup bertahan lama. Karena memang minat orang membeli tiket kepada saya meningkat, apalagi kawan kuliah banyak yang dari luar daerah, sehingga mereka lebih senang untuk memesan tiket bersama saya. Tapi untuk sekarang karena sudah ada traveloka jadi mungkin banyak orang yang beralih kesana.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

BISNIS RESELLER BUKU

Didalam perjalanan usaha travel, saya juga mencoba usaha bisnis reseller buku. Saya mencoba menawarkan buku kepada orang-orang secara online. Hanya saja minat untuk membaca masih kurang sehingga beberapa buku yang sudah saya beli secara langsung tidak terjual secara habis. Jadinya buku tersebut saya koleksi sendiri untuk kebutuhan membaca saya.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

BISNIS PEMBUATAN WEBSITE

Setelah kurangnya pendapatan dari usaha travel agen, karena maraknya konsumen yang berpindah ke traveloka. Dan uuga tidak larisnya usaha buku saya, saya berpindah membuat website. Alhamdulillah ada saja yang order membuat website, tapi kelemahan saya dalam membuat website saya lupa untuk menyimpan portofolio website tersebut, sehingga data website yang dulu pernah order tidak ada lagi. Sehingga untuk sekarang ini saya agak kesusahan untuk mempromosikan bisnis ini. Jadi order pembuatan website juga sepi.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

BISNIS PIZZABUAH

Setelah gagal disemua usaha, saya mencoba membuka usaha pizzabuah dengan bermodalkan uang dari Program Mahasiswa Wirausaha. Kami berkelompok hingga kelompok kami bubar satu persatu, mungkin sekarang ada juga salah satu anggota kami yang berhasil dalam usahanya. Saya sangat bersyukur karena pernah berjuang bersama mereka. Setelah kami bubar, saya berlanjut membuka usaha pizzabuah sendiri. Hingga usaha ini cukup booming di batam dan juga di tanjung balai karimun. Tapi ntah mengapa perjuangan saya juga harus berakhir, usaha yang saya rintis tutup karena kesalahan manajemen keuangan dan sumber daya manusia.

Aliansera mengamali kegagalan usaha

Tapi walaupun begitu, saya rasa saya juga pernah merasakan bagaiman penjualan bulanan yang cukup tinggi. Yah walaupun penjualan ini tidak setinggi penjualan di beberapa pengusaha lainnya. Bukan bermaksud untuk membanggakan hasil kerja keras selama ini, tapi ini mungkin layak dibagikan agar kita bisa saling berbagi bahwa mungkin ada juga yang dari sahabat pernah gagal dan tau cara untuk bangkit kembali.

Sekian cerita singkat saya, mungkin tidak terlalu detail. Karena saya juga terkadang malas untuk mengingat masa lalu yang penuh dengan kegagalan itu.




Baca Juga :  Dapat Tawaran Jadi Editor Berita News ?

21 Comments

  1. Wah hebat nih melalang buana di macam-macam bisnis ya, dari pecetakan sampai yg serba digital ya… Tanpa menyerah dan putus asah… Memang patut ditiru ni…

  2. Harus yakin bisa untuk kembali bangkit, pintu rejeki kan terbuka dari mana saja. Terus semangat pantang menyerah, dari kegagalan demi kegagalan jadi punya banyak pengalaman. Jadi ingat ibuku dulu juga membangun bisnis dari nol, bahkan kena tipu melulu. Hehe

  3. Salut…sudah berani mencoba berbagai lini usaha. Semangat terus ya… Jatuh, bangkit lagi. Jatuh, tetap bangkit lagi. Kesuksesan itu punya waktunya sendiri, tetaplah bergerak. Never give up.

  4. Tidak sedikit yang bilang gitu, kegagalan bisa menjadi awal kebangkitan. Salut ya, bisa usaha berkali-kali meski gagal. Saya sekali gagal, udah kapok!!! Hahaha.

  5. Hebat… Semangat untuk bangkit abis gagal itu yang kadang susah banget nemunya. Salut euy.. Boleh juga dikasih tips-nya biar bisa nemi semangat setelah gagal gimana kak…

  6. Wahh, saluutt! Ini nih contoh orang yang action, bukan cuma rencana dong. (Duh curhat). Gagal itu sebenarnya satu step yg wajar sebelum kita sampaindi titik kesuksesan ya, kak…

  7. Hebat euy.. Salut sama perjuangannya.. Kapan kapan dibagi tipsnya kak ttg gimana caranya memotivasi setrlah mengalami kegagalan…

  8. Wow… Mengingatkan pada Masa lalu, rupanya memiliki bisnis tuh gak ngampang ya kak… Selalu saja Ada yang namanya kegagalan asalkan nggak nyerah pasti berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !