Jurusan Multimedia dan Jaringan Polibatam Bagian Pertama

Multimedia dan Jaringan Polibatam

Tulisanaliansera.com – Jurusan Multimedia dan Jaringan, mungkin masih sangat umum didengar oleh masyarakat indonesia, kebanyakan mereka mengenai yaitu informatika atau komputer. Jadi kalau kita ditanya jurusan apa, maka boleh saja kita menjawab multimedia dan jaringan, mungkin ada yang mengenal dan ada juga yang tidak mengenal apa itu. Saya adalah salah satu alumni dari Politeknik Negeri Batam, wisuda tahun 2015 dengan gelar Sarjana Terapan Teknik Multimedia dan Jaringan (S.Tr.Kom).

Teknik Multimedia dan Jaringan adalah cabang dari dunia Informatika, hanya saja spesifikasi bidang yang difokuskannya adalah kemampuan analisis pengembangan produk dan aplikasi multimedia berbasis jaringan dan mengkoordinir pengelolaan sitem jaringan komputer.

Para lulusan cocok menempati posisi Desainer grafis, Programmer Multimedia, Manager Broadcasting, Produsen film, Programmer jaringan, Developer Game, Pengembangan Aplikasi perangkat bergerak (Mobile application Developer), Manajer ERP, Programmer Web , Administrator Web, Desainer Web, Administrator Sistem komputer dan Manager Jaringan Komputer. Para lulusan juga dapat membuka usaha bidang pengembangan produk dan aplikasi multimedia, game, mobile applicationdan layanan pengembangan jaringan komputer untuk perusahaan.

Mungkin bahasa diatas masih sangat awam, jadi saya akan menjabarkan apa saja yang bakalan dikerjakan atau posisi apa yang cocok pada bidang ini serta penjelasan detailnya. Berikut adalah penjelasannya :

1. Bidang Design Grafis Bidang design grafis adalah dimana memproses/mengelola teks, gambar, dan bentuk menjadi suatu komunikasi/pesan yang enak dilihat oleh orang atau terdapat value (nilai). Bidang ini biasa menggunakan media software dalam mengelola teks, gambar dan bentuk. Biasa software yang digunakan adalah corel draw, adobe ilustrator, photoshop, dan masih banyak lagi software dibidang grafis. Contohnya adalah mendesign logo perusahaan, stiker produk, media promosi cetak seperti spanduk, banner, dan sebagainya.

Baca Juga :  Hari Anti Korupsi 2018 Logo dan Design

Menjadi orang yang bergerak dibidang design grafis atau komunikasi visual adalah sesuatu hal yang sangat beruntung karena bukan hanya menjadi pribadi yang kreatif, tetapi juga menjadi kebutuhan dunia. Bisa kita lihat bagaimana tidak sekarang ini kebutuhan akan komunikasi visual sudah termasuk kebutuhan primer perusahaan. Bisa kita lihat banyaknya promosi-promosi yang terletak di jalan-jalan, televisi, media internet dan sebagainya.

Jika saja tidak ada bidang komunikasi visual (design grafis) maka produk atau promosi perusahaan tidak akan tersampaikan dengan baik, malah jika dikerjakan dengan sembarangan maka nilai perusahaan dimarket akan turun ya bisa dibilang tidak profesional.

Contoh saja saat sekarang ini, pertama kita bangun tidur kita akan melihat bantal guling dengan motif design, lalu kita ketoilet melihat produk seperti sabun mandi, sampo, odol, sikat gigi semua itu sudah masuk tahap design sehingga enak dilihat oleh mata kita. Selanjutnya kita keluar dari kamar melihat televisi maka terdapat design promosi itu juga termasuk pekerjaan design grafis. Terus buka kulkas ada produk jajanan itu juga sudah masuk tahap design sehingga menarik dilihat. Dan masih banyak sekali aktivitas kita yang bisa dibilang dimanjakan dengan hal yang dikerjakan oleh bidang ini.

Designer dituntut untuk berpikir kreatif, dimana bisa mengubah bahasa perusahaan yang bisa dibilang teks tau mungkin komunikasi langsung menjadi suatu komunikasi grafis sehingga enak dilihat. Proses menjadi designer yang handal itu butuh proses, selalu mencoba dan mencoba adalah kuncinya. Tidak pernah takut salah karena para designer handal melalui semua itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !