Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK




Tulisanaliansera.com – Menjadi Pegawai Negeri sipil (PNS) merupakan idaman kebanyakan orang. Sejak dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 lalu, banyak sekali para pemuda ikut dalam kegiatan seleksi ini. Hal ini juga terjadi pada saya. Karena umur dan jurusan tersedia, saya mencoba untuk mendaftar didalam seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dimulai dari pendaftaran administrasi melalui portal Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pendaftaran dimulai pada tanggal 19 September 2018, Melalui siaran pers BKN menyampaian penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2018. Total keseluruhan pelamar yang tersedia adalah berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian / Lembaga) dan 186.744 yang terdiri dari 525 Instansi Daerah.

Untuk Penerimaan CPNS di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau  berjumlah 192 Formasi yang terdiri dari 100 orang formasi guru, 62 orang tenaga kesehatan dan 30 orang tenaga teknis.

Saya dalam seleksi ini mencoba peruntungan untuk masuk dalam bagian 30 orang tenaga teknis dengan jurusan yang saya gunakan untuk melamar adalh DIV-Teknik Informatika.

PENDAFTARAN SELEKSI ADMINISTRASI CPNS

Setelah mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), saya berhasil untuk melanjuti langkah menuju kesempatan yang disediakan oleh BKN. Ada beberapa tahap yang harus saya kerjakan setelah berhasil mendaftar yaitu Mengupload Swa Foto yang mana mengharuskan saya berfoto dengan memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Pendaftaran yang sudah dicetak sebelumnya.

Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

Setelah mengupload foto diri memegang kartu (SWA FOTO), selanjutnya saya diharuskan untuk melengkapi biodata yang belum lengkap untuk menuju proses selanjutnya. Setelah biodata saya memilih formasi, instansi dan jabatan sesuai dengan pendidikan yang sudah saya tempuh dahulu. Setelah semua selesai maka kartu pendaftaran SSCN bisa langsung dicetak untuk bukti bahwa sudah melakukan proses pendaftaran administrasi.

Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

PENGUMUMAN KELULUSAN
SELEKSI ADMINISTRASI CPNS KEPRI

Setelah menunggu beberapa hari, tepat pada Hari Jumat, 19  Oktober 2018 Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengumuman kelulusan berkas administrasi dan dalam hal ini saya mendapat kepercayaan untuk ikut dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan diadakan di Hotel CK Tanjung Pinang beserta 188 Orang yang lulus dibidang yang sama dengan saya. Jumlah kursi yang diperebutkan dalam seleksi ini adalah 1 orang di Jabatan Analisis Sistem Informasi dan Jaringan di Dinas Komunikasi dan Informatika.




Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

LULUS SELEKSI ADMINISTRASI,
UJIAN SKD KEPRI

Setelah mendapatkan informasi pengumuman ini, saya segera mempersiapkan diri untuk perjuangan selanjutnya. Dalam informasi yang saya dapatkan bahwa saya akan melaksanakan ujian SKD pada hari Senin, 06 November 2018 di Sesi 1.

Beberapa hari sebelum mengikuti ujian saya mencoba kembali melihat materi yang akan diujikan pada hari senin nanti, terutama mendengarkan video-video pengalaman dari calon yang sudah mengikuti ujian pada tahun sebelumnya. Selain itu saya juga melihat beberapa video tentang cara menyelesaikan soal ujian SKD dengan cara yang lebih mudah. Selain itu juga saya mencoba untuk mencari informasi sejarah indonesia, pasal-pasal UUD 1945 dan juga mengenai Pancasila. Karena materi ini akan diujikan pada ujian nantinya.

SIAP BERTEMPUR
DIDAMPINGI OLEH ISTRI

Setelah semua perlengkapan siap, kami (saya dan istri) siap untuk berangkat menuju Tanjungpinang dengan menggunakan feri cepat dari Tanjung Balai Karimun. Perjalanan kami dimulai pada hari Sabtu, 3 November 2018 dengan berbekal satu koper yang berisikan baju kami berdua dan juga berkas yang sudah disiapkan oleh istri tercinta.

Diperjalanan menuju Tanjungpinang, saya juga sempat mendengarkan beberapa video dari youtube yang sudah disimpan sebelumnya. Di dalam kapal penumpang nya sangat penuh, seperti perjalanan di hari lebaran. Mungkin karena pelamar yang melamar di Tanjung Balai Karimun juga diharuskan untuk mengikuti ujian di Tanjungpinang.

Setelah perjalanan kurang lebih 3 Jam, kami tiba di Tanjungpinang. Dipelabuhan tanjungpinang saya segera menelpon taxi langganan untuk menjemput saya menuju lokasi penginapan (rumah abang).

Taxi yang menjemput kami tak bisa masuk kedalam parkiran pelabuhan, karena antrian mobil cukup banyak. Akan membutuhkan waktu sekitar 25 menit jika harus masuk kedalam lingkungan pelabuhan. Sehingga saya memutuskan untuk keluar membawa barang bawaan menuju tepi jalan besar. Bukan hanya saya saja, tapi juga pelamar lainnya memutuskan untuk berjalan menuju jalan raya.

Kami menunggu sektar 10 menit, taxi langganan saya akhirnya menjemput kami dan segera membawa kami di penginapan yang sudah disediakan. Perjalanan menuju penginapan kurang lebih 60 menit, soalnya dari pukul 17.00 WIB kapal bersandar dan kami baru sampai kerumah sekitar pukul 18.15 menit setelah azan maghrib.

Dirumah kami sudah ditunggu oleh kawan dari abang saya untuk menyerahkan kunci rumah. Setelah itu kami juga langsung menginstirahatkan badan kami dikasur yang sudah tersedia di penginapan itu.

Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

FOKUS UNTUK BELAJAR
SOAL UJIAN CPNS

Perjalanan di Tanjungpinang memang di fokuskan untuk mengikuti ujian CPNS 2018, jadi tak banyak lokasi yang kami tujui. Kami hanya berdiam diri dirumah menikmati suasana berdua dan juga menyambilkan diri untuk belajar mata pelajaran ujian CPNS.

Setelah waktu Ujian Tiba, pukul 06.00 WIB kami segera mempersiapkan barang-barang untuk melaksanakan ujian dan juga mempersiapkan barang untuk kembali pulang. Karena setelah melaksanakan ujian, kami akan segera pulang.

Supir taxi yang biasa kami gunakan menjemput kami tepat pada pukul 6.20, karena awalnya memang berjanji untuk menjemput pada pukul itu.

Perjalanan menuju lokasi ujian tak cukup jauh, sekitar 30 menit saya sampai dilokasi Ujian. Istri saya tak diperkenankan masuk dan harus menunggu diluar bersama keluarga peserta lainnya. Saya juga tak diperkenankan membawa apapun baik itu pulpen, pena, cincin, jam dan uang. Semua harus dititipkan dilokasi yang sudah disediakan.




PEMERIKSAAN SEBELUM UJIAN CPNS DI HOTEL CK

Sebelum melakukan ujian, saya sebagai peserta ujian di cek terlebih dahulu. Awal masuk saya diharuskan membawa ktp asli dan juga kartu ujian menuju lokasi pengecekan berkas. Disini muka saya disesuaikan dengan ktp yang saya bawa serta menanyakan barang apa saja yang dibawa. Di bagian ini saya juga diberikan nomor password (PIN) login ujian untuk digunakan dalam proses ujian nanti dan juga diberikan nomor absen untuk proses absen manual.

Setelah selesai, saya segera menuju lokasi absen manual. Saya diberikan secarik kerta untuk ditandatangani serta tangan saya diberikan cap seperti ikut pemilu sebagai bukti bahwa sudah melakukan absen.

Selanjutnya, saya dibawa kebagian pemeriksaan body. Petugas panita memeriksa saya dari ujung kaki hingga ujung rambut dengan meraba menggunakan tangannya. Untung saja baju saya sudah digosok dan diberikan wangi yang cukup mengenakkan oleh istri saya.

Setelah selesai semua pemeriksanaan, kami duduk disebuah kursi yang sudah disediakan. Didepan saya ada sebuah monitor sebagai petunjuk cara penggunakan aplikasi CAT saat ujian nantinya.

Selain saya banyak peserta yang duduk dikursi yang sudah disediakan. Awalnya kosong, tapi setelah 30 menit semua kursi yang disediakan penuh terisi peserta. Mereka semua terlihat sangat bersemangat untuk mengikuti ujian ini dan optimis lulus. Seperti teman saya yang duduk disamping saya, namanya saya tidak tau tapi dia bekerja dibatam dan ikut ujian ini agar bisa menjadi CPNS di Buru nantinya sebagai guru sosiologi.

UJIAN CPNS SESI PERTAMA DI HOTEL CK

Setelah pemeriksaan selesai, saya dan para peserta lainnya dipersilahkan untuk masuk, tapi sebelumnya dihimbau untuk ke toilet terlebih dahulu karena didalam ruangan tidak diperkenankan untuk izin ke toilet.

Kami masuk dengan berdua-dua dan mengambil selembar kertas untuk dijadikan kertas coret-coret. Petugas CAT yang bertugas memberikan kertas ada dua orang, ntah dari mana mereka ditugaskan, sepertinya dari BKN sendiri karena dari tampangnya bukan orang lokal.

Setelah masuk kami dipersilahkan duduk dikursi yang sudah disediakan sebuah laptop merek compac model lama. Cukup jadul sih laptopnya, windows yang digunakan adalah windows 7 dengan browser firefox sebagai browser yang digunakan untuk ujian. Server yang digunakan lokal server dengan ip yang sudah diset sebelumnya. Ujian tidak langsung terkoneksi ke internet, mungkin sistemnya setelah ujian baru server mengirim kan data ke server utama.

Server sendiri diletakkan didepan para peserta, mungkin ada sekitar 300-400 orang yang ikut dalam satu sesi ujian.

Setelah waktu yang dijadwalkan pas, salah seorang panitia CAT memberitahukan informasi seputar CAT dan juga hal-hal terkait ujian serta beberapa hal yang harus ditempuh dalam ujian ini. Saya sendiri sempat menuliskan target soal yang harus dicapai, karena untuk jalur umum harus melewati passing grade sesuai peraturan menteri.

Tepat pukul 08.00 Ujian dimulai dengan membagi peserta menjadi 4 kelompok akses. Karena akan terjadi lonjakan bandwitdth jika dilakukan secara bersamaan.

Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

SUASANA UJIAN CPNS 2018

Didalam ujian kami tak dibenarkan bersuara, jika ada hal yang tak dipahami silahkan acungkan tangan ke atas. Maka panitia akan langsung menghampiri. Saya sendiri awalnya salah memasukkan NIK sehingga tidak muncul soal ujian, tapi setelah panitia memberitahukan saya akhirnya bisa melihat soal yang diujikan.

Waktu yang diberkan itu 90 Menit, sedangkan soal yang diujikan itu 100 Soal. Jadi kami dituntut untuk mengerjakan satu soal kurang dari 1 Menit (50 Detik).

Awalnya soal banyak saya lewati, karena saya tak sempat untuk membaca soal yang terlalu panjang. Saya mencoba menyelesaikan soal sesuai target yang sudah saya buat sebelumnya dengan rencana akan mendapatkan passing grade.

Awalnya saya mengerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 18 soal yang saya ketahui, selanjutnya mengerjakan 21 Soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan terakhir adalah mengerjakan 30 Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setelah itu saya mencoba menyelesaikan sisa dari soal TKP dilanjutkan soal TWK dan terakhir adalah TIU. Tapi waktu yang saya pergunakan tidak terlalu maksimal, banyak soal yang tak sempat saya kerjakan karena waktu tak cukup untuk mencari soal TIU jadi beberapa saya asal menebak daripada tidak jawab sama sekali.

Setelah waktu habis, soal langsung selesai otomatis dan langsung keluar skor yang diperoleh. Dan saya cukup kecewa dengan hasil ujian pada tahun ini karena nilai TWK hanya 50 Point dan itu berarti hanya 10 Soal saja, TIU saya 80 Soal itu berarti ada 16 Soal yang saya berhasil kerjakan dan terakhir hanya 25 SOal TKP yang benar.

Saya pulang dengan kekecewaan karena tak berhasil lolos. Begitu juga para peserta lainnya karena mereka tak mampu melewati ambang batas yang sudah disediakan.

Saya langsung keluar dari ruangan ujian dan bertemu istri saya serta memberitahukan bahwa saya gagal dalam ujian ini. Dia memberikan semangat bahwa ini adalah proses, jadi soal gagal itu biasa.

PESAN DARI SAYA YANG
PERNAH GAGAL CPNS 2018 :

  1. Belajarlah yang giat sebelum ikut dalam Ujian CPNS
  2. Berdoalah dengan maksimal sebelum ujian berlangsung
  3. Jangan anggap remeh soal ujian CPNS, karena banyak yang telah gagal
  4. Bukan sebaik apa kamu menjawab soal, tapi bagaimana kamu mengatur strategi untuk lolos dari passing grade (ambang batas nilai)




Baca Juga :  Bagaimana Menjadi Youtuber di Tahun 2018 ?

3 Comments

  1. Terkadang asal tes tapi nggak pakai belajar dan berdoa. Lalu, ngeluh gak lulus. Pesannya patut dicontoh. Belajarlah dulu sebelum mengikuti tes. Lain kali dicoba lagi… Belajar dari pengalaman..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !