Bekerja Sebagai Tenaga Honorer

bekerja sebagai tenaga honorer

Tulisanaliansera.com – Mungkin pekerjaan ini bukan menjadi primadona dalam benak para pencari kerja, karena kebanyakan para pencari kerja lebih mengidolakan untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri, Karyawan Swasta di Perusahaan Besar dan bekerja sebagai pegawai BUMN.

Tenaga honorer menurut ku adalah pekerjaan membantu orang banyak, karena apa ? Karena bagian ini adalah dimana tenaga ini tidak tersedia dalam sebuah kantor sehingga mereka diperlukan (baca:buka lowongan).

MENGENAL DARI SEGI PENGERTIANNYA

Menurut pengertiannya, Tenaga Honorer atau sering disebut Pegawai Honorer masuk dalam kategori Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang sering disebut sebagai PPNPN. PPNPN adalah pegawai tidak tetap, pegawai honorer, staf khusus, dan pegawai lainnya yang dibayarkan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dalam sebuah situs online, saya membaca bahwa PPNPN meliputi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK), Staf Khusus/staf ahli non pegawai negeri pada kementerian Negara/Lembaga, Komisioner/Pegawai Non Pegawai Negeri pada lembaga non struktural, Dosen/Bidan PTT, Dosen/Guru Tidak Tetap, Satpam, Pengemudi, Petugas Kebersihan, Pramubhakti.

BEKERJA SEBAGAI PTT DI PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Sejak tahun 2017 Oktober lalu, saya sudah bekerja menjadi Pegawai Tidak Tetap di Kabupaten Kepulauan Anambas. Awal masuknya saya diarahkan untuk mengirimkan berkas lowongan pekerjaan melalui email yang sudah diberikan itu tu saya lakukan pada bulan september 2017. Sekitar sebulan berkas saya diproses dan saya dipanggi untuk diwawancara oleh Kepala Bagian dimana surat lowongan saya tujukan.

Memang Bagian ini membutuhkan bidang yang saya geluti ini, yaitu bidang multimedia dan jaringan. Hanya saja untuk awal saya belum bisa diangkat menjadi Pegawai Tidak Tetap melainkan hanya sebagai pekerja yang menggantikan staff lainnya.

Baca Juga :  Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

Awal bekerja saya di gaji 1.400.000 karena pekerjaan saya menggantikan staff sebelumnya yang sudah berhenti terlebih dahulu. Menurutku gaji 1.400.000 untuk awal tidak masalah. Walaupun merasa gaji tersebut kecil dibandingkan dengan pendapatan usahaku waktu dahulu. Tapi karena motivasi dari abang dan keluargaku, aku memilikirkan kembali untuk resign. Karena akan ada penerimaan sebagai Pegawai Tidak Tetap nantinya.

Ternyata tidak membutuhkan waktu yang lama, mungkin dalam sebulan saya di tes terlebih dahulu apakah memang cocok untuk bekerja atau tidak. Dalam sebulan saya langsung diangkat menjadi Pegawai Tidak Tetap yang bekerja di Sekretariat Daerah di Bagian Humas dan Protokol.

Dalam pikiran ini bercampur aduk, alhamdulillahnya lagi gaji ku naik mengikuti lulusan kuliahku yaitu D4 senilai 2.200.000 perbulannya. Selain itu juga ada pemasukan sampingan lainnya sebagai bonus yang aku dapatkan di tempatku bekerja ini seperti bonus lebaran, bonus tim dokumenter, bonus uang pulsa buat yang mengelola medsos, serta lebih lagi adalah saat aku mulai ikut dalam Dinas Luar (DL) aku mendapatkan pesangon harian dan uang makan yang menurutku cukup membuat bibir tersenyum.

Saya bekerja dengan team yang baik dan solid, dan juga pemimpin yang baik dan juga pengertian. Banyak hal yang saya pelajari dalam tempat kerja ini seperti mengenal lebih detail cara meliput kegiatan bupati, mengenal tentang Pekerjaan di luar daerah, mengenal cara mengedit kebutuhan sesuai dengan pemerintah, dan masih banyak lainnya. Terlebih lagi teman atau partner kerja saya juga orangnya sering berbagi pengalaman dalam bekerja.

Saya bekerja hingga Juli 2018, karena alasan keluarga saya harus pindah dan kembali ke Tanjung Balai Karimun. Memang sedikit berat untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah membuatku nyaman. Tapi kembali lagi bahwa dalam kehidupan ini kita harus memilih dimana kita harus tinggal dan menetap. Apalagi aku sudah menikah dan harus membawa istriku dan membuatnya nyaman dengan tempat tinggal kami.

Baca Juga :  Taaruf Berujung Menikah

Pertimbangan lainnya yang membuat aku pindah adalah pertama, aku membutuhkan akses internet cepat untuk menjalankan usahaku, aku rasa di daerah tempat aku bekerja ini belum bisa memenuhinya, kedua aku harus memiliki tempat tinggal untuk keluarga kecilku, sedangkan didaerah ini aku harus mengontrak dan itu membutuhkan biaya cukup besar diawal pernikahanku.

Dengan berbagai pertimbangan sejak agustus 2018 aku mengundurkan diri dengan memberitahukan kepada Kepala Bagian dan Sub Kepala Bagian. Serta juga aku memberitahukan kepada staff lainnya bahwa aku tidak akan bekerja lagi. Aku sangat bersyur bisa mendapatkan pengalaman bekerja sebagai tenaga honorer atau PTT di Pemerintah Daerah.

BEKERJA SEBAGAI TENAGA MULTIMEDIA (PPNPN) DI BEA DAN CUKAI TANJUNG BALAI KARIMUN

Sebenarnya alasan mengapa aku berani untuk melepaskan pekerjaan ku sebagai PTT di Pemda tersebut adalah bahwa aku sudah mendapatkan pekerjaan sebagai Tenaga Multimedia di BC Tanjung Balai Karimun. Pastinya kita tak akan mau awal pernikahan tanpa adanya pekerjaan tetap untuk menunjang kehidupan sehari-hari keluarga kita. Walaupun rezeki keluarga sudah dijamin oleh Allah, tapi sebagai manusia kita juga di wajibkan untuk berusaha dalam mencari rezekiNya.

Sejak September 2018 aku sudah diterima bekerja di Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tanjung Balai Karimun sebagai tenaga multimedia. Awalnya aku mengirimkan lowongan pekerjaan kepada bagian rumah tangga untuk mendapatkan posisi sebagai pekerja. Setelah beberap hari aku dipanggil dengan temanku satu lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK Negeri 1 Karimun) namanya Helldy.

Baca Juga :  Kegagalan dalam Usaha, Ada Kemungkinankah Buat Bangkit Kembali ?

Saat itu hari minggu ingatku, awalnya aku diberitahu bahwa harus bertemu dan diwawancara pada pagi hari tapi karena hujan, wawancara ditunda pada sore harinya dengan menggunakan baju putih dan celana hitam serta sepatu.

Dalam wawancara ini banyak hal yang ditanyakan kepadaku terkait dengan bidang yang aku pahami. Selain itu juga kita ditanyakan mengenai pengalaman kerja sebelumnya dan juga hal apa yang sudah pernah dilakukan. Saya rasa hal ini memang sering ditanyakan kepada para pelamar pekerjaan.

Setelah selang beberapa waktu, aku selesai dan diperbolehkan untuk bekerja pada hari selanjutnya dengan menggunakan baju dan celana yang sama seperti saat wawancara.

Bekerja di Kantor ini kita dituntut untuk bisa dalam bidang yang kita geluti, seperti saya dibidang Multimedia saya dituntut untuk bisa dan mengerti dibidang Multimedia seperti Design dan sebagainya.

Untuk tahun 2019 ini saya Alhamdulillah sudah diperpanjang kontrak dan semoga saya bisa memberikan momentum dan kinerja yang terbaik dalam pencapain visi dan misi kantor ini. Walau dalam diri ini masih ada sifat malas, sifat cuek tapi saya berusaha untuk senantiasa memberikan terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !