BASED RFID SNACK CARD – Pengontrol Jajanan Anak di Sekolah

BASED RFID SNACK CARD - Pengontrol Jajanan Anak di Sekolah

Tulisanaliansera.com – Snack card merupakan teknologi digital yang berbasis RFID ( Radio Frequency Identification ) yang berfungsi sebagai kartu pengontrol jajanan anak di sekolah, terutama anak-anak Sekolah Dasar. Pada era globalisasi ini, semakin banyak orang tua yang sibuk bekerja di luar rumah sehingga kurang memperhatikan apa yang dimakan anak-anaknya diluar rumah, terutama dilingkungan sekolah. Jajanan anak-anak yang kurang sehat pun sudah banyak mendominasi pasar sekolah, sehingga resiko anak-anak untuk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat bahkan berbahaya tersebut semakin besar.

Card berbasSnack is RFID ini merupakan jalan keluar bagi orang tua untuk mengontrol jajanan anak di sekolah tanpa harus mengontrolnya secara langsung ke sekolah cukup melalui website. Kartu ini berisi data anak beserta foto dan saldo yang di kontrol melalui website dimana bisa digunakan untuk membeli makanan. Besarnya saldo yang terdapat di dalam kartu dan pemakaian maksimalnya setiap hari bisa ditentukan oleh orang tua melalui website. Kartu ini juga hanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran pada kantin-kantin sekolah yang sudah bermitra dengan kami, sehingga kebersihan dan kesehatan kantin sudah terjamin. Ketika Petugas kantin memastikan bahwa data sesuai dengan anak yang membawa kartu tersebut, petugas kantin akan meng-klik makanan atau minuman yang dibeli oleh anak. Setelah itu, total harga akan muncul dan tombol bayar pada layar akan ditekan, sehingga sistem akan mengurangi saldo yang ada di kartu sekaligus mengirim data makanan tersebut ke website.

Melalui sistem ini, orang tua bisa mengetahui apa saja yang anaknya makan setiap hari dan dapat mengontrol banyaknya uang jajan yang akan diberikan kepada anaknya. Selain itu, orang tua juga bisa menghindarkan anak dari pemalakan atau pencurian oleh pihak lain, karena anak tidak membawa uang sepeser pun ke sekolah.

Baca Juga :  Daftar Harga Pembuatan Website Per November 2019

Orang tua siswa juga bisa melakukan pembatasan makanan yang tidak dibolehkan dikonsumsi oleh anaknya, hal ini bermaksud untuk menghindari anak jikalau anak sedang alergi, atau sakit.

KEUNGULAN SISTEM
1. Membantu orang tua mengontrol jajanan anak dengan cara digital dan mudah serta murah.
2. Mengajarkan anak untuk tidak boros dengan pembatasan saldo pemakaian setiap hari.
3. Melindungi anak dari tindak kejahatan, karena anak tidak membawa uang ke sekolah.
4. Mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat bahkan berbahaya oleh anak-anak
5. Merupakan inovasi pertama di Indonesia, sehingga belum ada pesaing.
6. Sistem yang digunakan sangat mudah bagi para user, terutama untuk pihak kantin untuk aplikasi kantin dan orang tua untuk akses ke bagian website.

IMPLEMENTASI SISTEM
Implementasi dari sistem ini baiknya diterapkan di daerah batam, mengapa?
Alasan kami memilih Batam sebagai wilayah pertama penerapan Snack Card ini karena Batam merupakan daerah industri yang cukup sibuk. Mobilitas wanita yang bekerja setiap harinya sangat tinggi. Jumlah anak sekolah dasar pun cukup banyak dan keadaan lingkungan sekitar sekolah yang rata-rata masih dipenuhi oleh pedagang jajanan anak yang tidak dapat dijamin kesehatannya. Estimasi masyarakat yang dapat memperoleh manfaat dari Snack Card ini adalah sekitar 20.000 Ibu-ibu yang mempunyai anak yang masih duduk di Sekolah Dasar.

PROFIL PRODUK
Snack Card adalah nama perusahaan kami. Perusahaan ini kami dirikan untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang sehat di masa depan dengan mengkonsumsi jajanan yang sehat sejak kecil. Agar tujuan tersebut tercapai, kami ciptakan produk yang kami beri nama “EMON”. Emon merupakan kartu jajanan anak khususnya anak SD (Sekolah Dasar) yang secara otomatis menggantikan uang jajan yang biasanya orang tua berikan ke anak-anaknya.

Baca Juga :  MULAI MENULIS DI BLOG UNTUK MENGHASILKAN UANG DARI HOBI

Kartu “EMON” ini menggunakan basis RFID (Radio Frequency Identification). Kartu ini digunakan untuk anak-anak SD agar mereka jajan jajanan yang sehat di kantin yang sehat. Dengan adanya kartu ini, mengharuskan anak-anak tersebut untuk tidak jajan di tempat jajanan luar sekolah yang mana tidak jelas gizinya atau bahkan mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh mereka. Anak-anak tersebut hanya memegang kartu “EMON” untuk jajan tanpa membawa uang sepeser pun. Selain itu, dengan sistem web dan sms gateway, kami akan mengirim data makanan yang dimakan anak tersebut ke ponsel orang tuanya, sehingga orang tua bisa mengontrol makanan anaknya dari rumah atau tempat kerja. Disamping itu, orang tua juga bisa mengontrol makanan apa yang boleh atau tidak boleh dimakan oleh anaknya pada hari tersebut dengan memasukkan perintah di web snack card. Jelaslah bahwa “EMON” dari Snack Card ini bisa menjadi solusi pengontrol jajanan anak secara praktis di zaman yang semakin modern ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !