Bagaimana Penerapan Jaringan 5G di Indonesia

Bagaimana Penerapan Jaringan 5G di Indonesia

Tulisanaliansera.com – Generasi kelima atau sering disebut dengan 5G adalah generasi yang direncanakan akan mengisi generasis etelah generasi ke empat (4G). Generai 5G akan dirilis rencana pada sistem operasi seluler pada tahun 2020. Telnologi 5G belum dapat dipastikan kelebihan dan kekuranganya karena masih sebatas konsep dan belum masuk dalam proses penerapan yang signifikan.

Dalam tujuan penerapan konsep-konsep tersebut memiliki tujuan untuk peningkatan kecepata data yang lebih dari pada generai 4G, Memiliki transfer data dari satu telpon ke telpon lainnya dengan kecepatan satu mili detik, Dapat terkoneksi dengan alat dirumah tangga, telpon, mobil dan perangkat elektronik lainnya.

Teknologi 5G diprediksikan akan memiliki kecepatn 800gbps atau seratus kali lebih daripada generasi 4G. Bisa dibayangkan bagaimana kecepatn data transfer yang akan terjadi, pastinya penerapan tidak hanya untuk video call atau Nonton Video Streaming.

Dalam diskusi yang dilakukan oleh pemilik merek handphone seperti nokia, huawei, ericson di Barcelona beberapa waktu lalu. Telknologi ini belum bisa dipastikan kapan akan rilisnya karena masih tahap perkembangan. Tapi diprediksikan akan rilis pertama di tokyo pada tahun 2020.

DUNIA 4G DI INDONESIA

Perkembangan jaringan 4G di Indonesia disinyalir sudah merata dengan baik. Disebutkan bahwa jaringan 4G di Indonesia sudah cukup luas sekitar 83,5%. Artinya di Indonesia sendiri sudah hampir keseluruhan daerah menerima jaringan 4G. Hanya saja dengan angka cangkupan seperti itu, di Indonesia kecepatan data transfer masih termasuk rendah yaitu angka 6.9 Mbps dan kecepatan unggah 3.1 Mpbs.

Berbanding dengan sinyal 5G yang akan masuk sekitar 800Gbps yang bisa 200 kali lipat dari sinyal yang ada di Indonesia. Bagaimana Indonesia mengimplementasikan jaringan dengan kecepatan 200 kali lipat. Yah kalau hanya untuk menonton youtube mungkin hal ini tidak akan berguna sama sekali.

Baca Juga :  Bagaimana Menjadi Youtuber di Tahun 2018 ?

PENERAPAN JARINGAN 5G DI INDONESIA

Penerapan di Indonesia untuk sinyal 5G bukan untuk dunia media sosial seperti facebook, youtube dan sebagainya. Penerapannya akan lebih siginfikan lagi. Terutama dalam revolusi 4.0 dan ekonomi digital. Mungkin saja komunikasi antar manusia dengan manusia lainnya seperti dibidang medis, satelit akan lebih baik lagi. Seperti penerapan pembedahan jarak jauh, komunikasi telpon ke satelit, mobil yang digerakkan jarak jauh, kendaraan menjemput sendiri atau tanpa supir, Atau mungkin pengiriman data 3D secara online.

Penerapan lainnya yatu hologram yang menggantikan video call mungkin saja bisa diterapkan pada masa nantinya. Tapi lima sektor industri seperti Makanan, Minuman, Tekstil (Pakaian), Otomotif, Elektronik dan Kimia akan menjadi pertimbangan untuk penerapan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !