Bagaimana Cara Mengecek Thema WordPress Pada Website Orang Lain

Bagaimana Cara Mengecek Thema Wordpress Pada Website Orang Lain

Tulisanaliansera.com – Dalam membuat website, mendapatkan tema website yang menarik merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah website. Hanya saja beberapa tema yang kita jumpai di internet terkadang tidak tau apakah bagus atau tidak dalam pengaplikasiannnya.

Menemukan sebuah website dengan tema menarik pastinya membuat kita penasaran tema apa yang digunakan pada website tersebut. Tapi sebelum kita mengetahui tema pada website ada baiknya kita juga tau apakah website tersebut memang dibangun dengan menggunakan tema.

Dalam kasus ini, saya akan mencoba dua buah website yang sudah tidak umum di kita bersama, pertama website detik.com dan kedua adalah website batampos.co.id. Website ini merupakan website media yang cukup terkenal, kalau detik terkenal di Indonesia sedangkan website batampos.com terkenal di Wilayah Batam.

Mengetahui CMS / Type Website Yang Dibangun

Seperti yang saya sudah sampaikan diatas, bahwa sebelum mengetahui tema yang digunakan maka kita harus mengetahui type/cms apa yang digunakan oleh website tersebut.

Langkah awal untuk mengetahui type website tersebut dibangun, kita bisa menekan tombol di keyboar yaitu ctrl+u ini berfungsi untuk melihat souce HTML/JS/CSS pada website. Kalau untuk PHP/SQL maka tidak akan tampil jika menggunakan fungsi ini.

Kita bisa melihat dari struktur penyimpanan gambar, seperti contoh image/namagambar.jpeg. Untuk nama dengan menggunakan wp-content maka cenderung menggunakan CMS dalam proses pembangunan website.

Halaman Detik.com merupakan website yang dibangun tanpa tema
Batampos.co.id merupakan website yang dibangun dengan menggunakan tema

Hal ini bisa saya perkirakan karena terdapat perbedaan penyimpanan gamabr, website detik.com cenderung menyimpan dengan struktur /image/namagambar sedangkan untuk batampos.co.id cenderung dengan menggunakan strukur wp-content/uploads/namagambar

Mengetahui Thema yang digunakan oleh Batampos.co.id dan Detik.com

Dari informasi diatas, maka kita bisa menyimpulkan bahwa batampos.co.id bisa kita temukan temanya, sedangkan detik.com kita tidak bisa menemukan temanya. Tapi untuk lebih detail mengetahuinya mari kita coba cari dengan tools online pelacak tema wp.

Baca Juga :  MULAI MENULIS DI BLOG UNTUK MENGHASILKAN UANG DARI HOBI

Kita bisa menggunakan tools wordpress theme detector, hal ini lebih akurat daripada kita mencari manual dengan source code (ctrl+u). Langkah pertama kamu bisa mengunjungi situs https://www.wpthemedetector.com/ , selanjutnya kamu bisa memasukkan link yang diinginkan. Dalam hal ini kita akan mencoba dua situs tadi.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa detik.com tidak menggunakan tema wordpress, dia lebih cenderung menggunakan html/ bahasa lainnya yang dibangun dengan sistem mereka sendiri. Terus bagaimana dengan batampos.co.id ?

Bagaimana Cara Mengecek Thema WordPress Pada Website Orang Lain
Bagaimana Cara Mengecek Thema WordPress Pada Website Orang Lain

Betul dari analisa saya diatas, bahwa benar batampos.co.id menggunakan tema wordpress. Nama tema yang digunakan yaitu newsmag premium.

Kesimpulan

Dari informasi diatas, dapat saya simpulkan bahwa setiap website memiliki cara sendiri dalam proses membangun. Seperti halnya rumah, ada rumah yang dibangun dengan bata merah, ada juga dibangun dengan bata pasir dan malah ada yang menggunakan papan. Kenyamanan dalam menetap dirumah disitulah yang terpenting. Seperti halnya website, website dibangun untuk mempermudah para penggguna dalam mengoperasikannya, jika kamu lebih suka dengan koding html/bahasa web lainnya silahkan, begitu juga jika kamu lebih suka dengan wordpress. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !