Agar Luka Lecet Tak Semakin Parah, Berikut Hal yang Dapat Anda Lakukan

Agar Luka Lecet Tak Semakin Parah

Luka lecet termasuk kedalam jenis luka ringan dimana timbul akibat adanya gesekan antara permukaan kulit dengan permukaan yang kasar. Hal ini dapat menyebabkan terkelupas atau rusaknya bagian permukaan kulit. Walaupun bukan termasuk kedalam luka yang berbahaya, namun pertolongan luka lecet harus dilakukan dengan tepat. Karena luka ini termasuk kedalam luka terbuka (open wound) yang dapat meninggalkan bekas luka jika tidak ditangani dengan benar.

Anda tentu tidak mau penampilan menjadi kurang sempurna hanya karena luka lecet bukan? Lebih-lebih jika luka tersebut begitu besar dan lebar. Agar luka tidak meninggalkan bekas, berikut  tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan mengobati luka lecet, antara lain:

  • Bersihkan seluruh bagian yang terluka terlebih dahulu. Bisa menggunakan air mengalir atau menggunakan larutan garam steril.
  • Selalu menggunakan sabun yang lembut untuk mengangkat kotoran yang masih melekat pada luka. Usahakan jangan menggunakan sembarang sabun, Anda dapat menggunakan sabun antiseptic.
  • Setelah bersih dan kering langkah ketiga barulah dioleskan dengan salep antibiotik untuk menjaga daerah luka tetap lembab.
  • Tutup bagian luka dengan kain bersih atau kasa steril.
  • Hal yang perlu diingat yaitu untuk terus mengganti kasa setiap hari selama luka belum sembuh dan kering. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari infeksi bakteri atau kuman yang kemungkinan menempel pada kasa yang lama.
  • Satu hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pertolongan pada luka lecet, adalah menjauhkan luka yang sudah ditutup dengan kasa dari sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek hiperpigmentasi permanen.

Luka lecet memang tergolong ringan, namun keadaan luka harus terus diamati setiap hari. Jika pendarahan tidak berhenti selama berhari-hari, area luka semakin terbuka lebar, serta merasa kebas pada daerah sekitar luka. Maka anda harus segera menghubungi dokter. Bisa jadi infeksi yang terjadi semakin parah dan besar sehingga membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

Baca Juga :  Susah Mencari Properti yang Tepat Untuk Kantor Anda? Inilah Beberapa Solusinya
Agar Luka Lecet Tak Semakin Parah
Agar Luka Lecet Tak Semakin Parah

Untuk mengatasi luka lecet ringan, Anda dapat menggunakan Hansaplast. Penjelasannya lihat di https://www.id.hansaplast.co.id/bantuan-instan/kesehatan-dan-perlindungan/luka-sayat-dan-baret. Tutupi luka dengan menggunakan Hansaplast, agar luka lekas mengering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !