Ada aturan baru buat kesejahteraan honorer? Baca Disini!

Ada aturan baru buat kesejahteraan honorer Baca Disini 2




Tulisanaliansera.com – Bekerja disebagian orang identik guna meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupan keluarganya. Tak banyak yang dilakukan pemerintah dalam hal meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer beberapa waktu lalu. Terbukti beberapa tenaga honorer masih saja mendapatkan besaran gaji yang sama dengan tahun sebelumnya. Berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada Maret 2018 lalu pemerintah sudah membahas mengenai Peningkatan Kesejahteraan PNS melalui kenaikan gaji dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pensiun dan Jaminan Hari Tua.

KESEJAHTERAN PNS

Dilansir dari liputan6 bahwa untuk tahun 2019 pemerintah akan melakukan kenaikan gaji PNS sebesar 5%. Kenaikan ini disinyalir karena pada tahun sebelumnya untuk PNS kenaikan yang diberikan adalah Tunjangan Kinerja. Sehingga pada tahun depan akan diberikan kenaikan gaji pokok. Perlu diketahui bahwa kenaikan gaji pokok ini diberikan karena dalam tiga tahun belakangan ini memang tidak ada kenaikan sama sekali, hanya sebagai penggantinya Pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya sebesar gaji pokok.

Ada aturan baru buat kesejahteraan honorer? Baca Disini!

BANYAKNYA MINAT MENJADI PNS

Bagi sebagian orang, menjadi PNS merupakan impian yang sudah lama ada dalam diri mereka. Tak sedikit dari mereka menghabiskan sisa umur (PNS) guna mencoba lowongan CPNS yang dibuka oleh Pemerintah. Ada yang mendapatkan sesuatu yang mereka impikan sejak dahulu, tapi ada juga yang terus gagal dalam mencoba hingga batas umur tak bisa lagi mencoba lowongan tahunan ini. Dikutip dari laman Setkab, Rabu (27/9/2017), menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), jumlah pelamar CPNS tahun 2017 ini mendekati jumlah pelamar CPNS secara online pada 2014 yang sempat tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Di mana, mencapai 2.603.780 orang. Untuk tahun 2018 yang baru saja dibuka beberapa bulan lalu (19/9) dengan total formasi yang dibuka 238.015 yang terdiri dari 51.271 instansi pusat (kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).

Untuk akhir bulan Oktober 2018, akan diadakan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) yang terdiri dari 3 jenis soal yang menjadi penilaian dalam kelulusan CPNS.




PERATURAN PEMERINTAH TENTANG HONORER

Pemerintah dalam beberapa waktu belakangan ini sudah menggodok skema Peraturan Pemerintah (PP) mengenai tenaga honorer. Dikutip dari Tribun Kaltim diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ini, tenaga honorer, khususnya tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan, yang tidak lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dapat tetap menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pemerintah memberikan solusi bagi tenaga honorer yang tidak lolos tes CPNS atau tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti CPNS dengan membuat RPP PPPK dan proses rekrutmentnya akan dilakukan setelah ujian CPNS selesai. Bahkan meskipun tenaga honorer tersebut tetap gagal menjadi ASN melalui jalur P3K, ia tetap akan bekerja di instansi awal dengan penyesuaian upah sesuai Upah Minimum Regional (UMR).

Untuk P3K berbeda dengan CPNS karena untuk P3K, umur bisa lebih daripada 35 tahun dan malah bisa 2 tahun sebelum masa pensiun. Hanya saja untuk P3K hampir sama dengan CPNS karena akan tetap diadakan seleksi sesuai dengan Amanat Undang-undang No 5 Tahun 2012 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara).

Ada aturan baru buat kesejahteraan honorer Baca Disini

SEGERA AMBIL KEPUTUSAN

Nah bagi kamu yang sudah mengetahui terkait hal ini, ada baiknya kamu segera membagikan informasi ini kepada saudara anda yang sudah memasuki umur diatasi 35 tahun atau bagi kamu yang tidak lulus CPNS. Tidak terkecuali bagi kamu yang memiliki umur dibawah 35 tahun. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang lebih baik daripada sebelumnya. Silahkan nantikan informasi pada bulan desember 2018 mendatang untuk pembukaan seleksi p3k.




Silahkan tinggalkan komentar dibawah !

Baca Juga :  Ikut Dalam Seleksi CPNS Kepulauan Riau, di Hotel CK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Saya !